Ini 5 Fakta Proyek MRT Jakarta yang Belum Kamu Ketahui!

Dibalik proyek MRT Jakarta, ternyata terdapat beberapa kabar menarik yg harus kamu ketahui. Apa saja? Yuk simak selengkapnya!

Lama selesainya kita menunggu kehadiran MRT Jakarta, sementara waktu lagi kereta cepat ini akan dibuka untuk generik guys. Namun, tahukah kamu ternyata terdapat poly liputan dibalik proyek MRT Jakarta ini?

Jika kamu ulik lebih dalam mengenai MRT Jakarta, terdapat banyak hal menarik yang ternyata jarang diketahui. Mulai menurut sejarah sampai informasi MRT saat nanti beroperasi.

Nah, penasaran kan? Yuk, simak berita proyek MRT Jakarta yang belum kamu ketahui berikut ini. Simak selengkapnya!

Fakta Menarik Proyek MRT Jakarta yang Harus Kamu Ketahui

Sebelum engkau membaca faktanya, sudahkah kamu mendaftarkan tiket buat percobaan MRT jakarta yg akan dibuka buat generik mulai 12 Maret 2019 nanti?

Kalau belum, kamu mampu mendaftarkan diri melalui cara yang gampang pada artikel Jaka berikut ini: Cara Daftar Tiket MRT Jakarta

Yuk simak apa saja keterangan menarik yg wajib kamu ketahui tentang MRT Jakarta:

1. Tarif di Kisaran Rp. 10.000

Fakta Proyek Mrt Jakarta 1 A5b64

apabila kamu mengira tarif yg dikenakan buat MRT Jakarta ini mahal, ternyata nir guys. Dikutip berdasarkan Liputan6, Ketua Komisi C DPRD DKI Santoso mengatakan tarif MRT sebelum subsidi sebanyak Rp. 18.000.

apabila tarif ini sudah niscaya, maka akan diajukan subsidi sebesar Rp. 8.000, sehingga kamu hanya butuh membayar 10 ribu Rupiah untuk bepergian menggunakan MRT Jakarta.

Tarif ini memang belum resmi, tapi bila benar dikenakan traif sebesar itu, maka tergolong menjadi tarif yang murah loh! Kamu putusan bulat tidak, kalau tarif MRT Jakarta sebanyak 10 ribu Rupiah?

dua. Butuh 34 Tahun Hingga Akhirnya MRT Direaliasasikan

MRT Jakarta pertama kali dicetuskan sang mantan Presiden BJ Habibie dalam 1985, prosesnya cukup panjang hingga akhirnya dalam tahun 2013 Proyek MRT Jakarta dimulai sampai dibuka buat generik dalam 2019 ini.

Sebenarnya pada tahun 1995 proyek MRT ini telah mulai dirancang, akan tetapi terjadi krisis moneter dalam 1997 sehingga proyek terhenti.

Walau terbilang telat dibandingkan negara lain yang telah lebih dahulu memiliki MRT dan transportasi canggih lainnya, tapi kita harus bangga. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali bukan?

tiga. 14 Rangakaian Kereta yg Beroperasi

Fakta Proyek Mrt Jakarta 3 4f9a6

Fakta selanjutnya adalah 14 rangkaian yg akan beroperasi pada awal pembukaan MRT Jakarta dalam 12 Maret 2019. Rangkaian kereta ini akan berjalan dengan kecepatan yg cukup tinggi.

Pada permukaan tanah akan melaju dengan kecepatan 100 Km/jam sedangkan di bawah tanah melaju dengan kecepatan 80 Km/jam.

Kereta akan melewati 13 stasiun dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI dan kebalikannya. Jika dihitung akan berjarak 16 Km & bisa ditempuh hanya dengan waktu 30 mnt, guys!

Di dalam satu kereta bisa menampung sebanyak 300 penumpang. Kira-kira bakal penuh misalnya dalam KRL Commuter Line tidak ya?

4. Beroperasi 20 Jam per Hari

MRT Jakarta direncanakan buat beroperasi sampai 20 jam setiap hari. Kereta pertama akan jalan pukul 4 atau lima pagi dan ditutup pada pukul 12 malam.

Transportasi ini cocok kamu gunakan buat berangkat kerja ataupun sekolah, guys. Apalagi tarif yg akan diberikan relatif terjangkau.

5. Melayani Hingga 130 Ribu Penumpang per Hari

Fakta Proyek Mrt Jakarta 5 97085

Berdasarkan survei PT MRT Jakarta, penumpang yg akan menggunakan MRT Jakarta dalam waktu masa operasinya diperkirakan akan mencapai 65 ribu penumpang dan dapat semakin tinggi hingga 130 ribu orang.

Melalui 10 ribu responden yg disurvei mengenai transportasi MRT Jakarta, 65% menentukan buat memakai MRT. Kalau kamu gimana, guys? Memilih buat pindah ke MRT tidak?

6. MRT Jakarta Dinamakan 'Ratangga', Apa Artinya?

Fakta Proyek Mrt Jakarta 6 C1dc0

Fakta terakhir merupakan nama Ratangga yg diberikan oleh Gubernur Anies Baswedan terhadap MRT Jakarta. Apa adalah?

Nama ini diambil dari puisi yg terdapat pada Kitab Arjuna Wijaya & Kitab Sutasoma, yang berarti kereta perang dalam bahasa Jawa antik.

Lantaran kereta ini akan berjuang setiap hari buat membawa para penumpang pada ibu kota, maka cocok buat diberikan julukan yg andal. Nice!

Akhir Kata

Itu dia berita menarik dari proyek MRT Jakarta, ternyata Indonesia telah merencanakan kereta cepat ini semenjak usang, ya. Prosesnya sangat panjang sampai akhirnya sanggup kita rasakan beserta.

Apa pendapat engkau mengenai MRT Jakarta guys? Tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar, ya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Sumber Banner: Beritagar

Canggih, LRT Jabodebek Bisa Dioperasikan Tanpa Masinis - SIP 14/10

Comments

Popular posts from this blog

Nonton Film Promise (2017) Full Movie

7 Game Kesukaan Para K-Pop Idol

7 Selebgram yang Merupakan Rekayasa Digital Ada yang Dari Indonesia!